Sebelumnya, saya pernah membahas cara untuk menerangkan objek sehingga menjadi bercahaya dengan menggunakan perintah emissivecolor. Cara yang sama dapat digunakan pula untuk memperterang interior kereta sehingga tidak menjadi gelap ketika dimainkan di rute malam. Tetapi karena untuk memperterang bagian dalam kereta caranya sedikit agak rumit, maka akan saya perjelas disini. Untuk memperterang interior kereta, berikut langkah-langkahnya
Buka file objek kereta (b3d, bukan animated) dengan Notepad dan Object Viewer
Setelah file dibuka, nyalakan mode malam di object viewer dengan menekan tombol L
Dalam tutorial kali ini, yang akan diedit adalah K3AC 2014 |
Perterang bagian interior satu per satu
Untuk memperterang bagian interior, cara yang dilakukan ialah memberikan perintah berikut di bagian paling bawah dari suatu perintah mesh
emissivecolor [merah],[hijau],[biru]
misalnya emissivecolor 150,150,150
semakin besar angka yang dimasukkan maka akan jadi semakin terang
Keadaan ketika bagian dalam mulai diterangkan. Anda harus jeli dalam memilih mesh yang akan diberi penerangan, jangan sampai salah maupun terbalik. |
Untuk mesh yang hanya menggunakan perintah color, bukan tekstur, lakukan cara yang sama, tetapi warna pada perintah emissivecolor dibuat sama atau hampir sama seperti warna aslinya pada perintah color. Kemudian warna pada pada perintah color digelapkan, supaya warna objek tak terlalu terang nantinya.
Misalkan perintah aslinya seperti ini
color 80,80,90
Maka perintah barunya kira-kira akan jadi seperti ini
color 40,40,45
emissivecolor 80,80,90
Untuk gelap terangnya warna baru, belum saya temukan rumus pasti untuk menghitungnya, sehingga cara yang bisa dipakai adalah mencoba-coba hingga menemukan warna yang tepat.
Memperterang bagian lantai yang menggunakan perintah color |
Apabila interior dari objek kereta sudah 100% terang, langkah selanjutnya ialah dengan memperterang objek kursi dan interior lainnya. Dalam objek kereta api ini, file yang akan diedit bernama kursi.b3d . Buka file kursi.b3d dan edit dengan langkah yang sama seperti objek sebelumnya.
Perterang objek kursi satu persatu hingga selesai |
Cek hasilnya dengan object viewer
Untuk melihat hasilnya, buka objek kereta yang berformat .animated (misal K3.animated) dengan object viewer.
Objek kereta yang sudah selesai diterangkan ketika dilihat dengan mode malam |
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusJadi unruk perintah color [r],[g],[b] harus dibagi dua saat dimasukkan perintah emissivecolor? Dan perintah emissivecolor apakah harus diletakkan ke Meshbuilder atau juga bisa di texture?
BalasHapusbukan dibagi dua, tetapi yang penting dikurangi sehingga hasilnya tidak terlalu terang, kebetulan saja yang ada di contoh ngepasnya ketika dibagi dua. Perintah emissivecolor bisa diletakkan dimana saja, yang penting harus dibawah perintah face.
HapusOk mas, makasih infonya.
Hapus