Sabtu, 01 Desember 2018

Membuat Pintu Kereta Bisa Membuka di OpenBVE

Tentu saja apabila pintu kereta di OpenBVE bisa membuka saat berhenti di stasiun, akan membuat simulasi menjadi semakin mirip dengan kenyataan. Untuk membuat pintu yang dapat membuka sendiri, caranya ada berbagai macam, tergantung pada jenis pintu dan juga jenis kereta. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan bagaimana cara membuat pintu yang bisa membuka sendiri dengan model pintu biasa (dengan engsel). Berikut ini langkah-langkahnya:

Menyiapkan objek kereta tanpa pintu dan objek pintu
Yang pertama harus disiapkan adalah dua jenis objek ini. Objek kereta tanpa pintu dapat dibuat dengan menghilangkan pintu yang sudah ada pada suatu objek dengan cara mengedit file teksturnya. Untuk itu, dengan software Paint pun dapat dilakukan. Sedangkan untuk menyiapkan objek pintu, mungkin anda perlu membuatnya sendiri. Untuk membuat objek pintu, anda dapat mempelajari dasar-dasarnya di sini
Objek kereta tanpa pintu
Objek pintu, sumbu y harus melekat pada objek sebagai engsel pintu
Menggabungkan objek kereta dan pintu
Untuk menggabungkan kedua jenis objek ini, caranya yakni dengan menggunakan file .animated. Caranya, yaitu dengan menuliskan perintah berikut ini didalam file .animated yang anda gunakan.

[Object]
States = <file>
Position = <x>,<y>,<z>

Contoh:
[Object]
States = pintu.b3d
Position = -1.4,1,-10.59

Pada pintu tertentu yang lokasi engselnya berlawanan, maka pintu tersebut harus diputar 180 derajat. Untuk melakukannya, caranya yakni dengan menuliskan perintah RotateYFunction dengan besar sudut sebesar π radian, atau sekitar 3,1416. Contohnya seperti berikut ini:

[Object]
States = pintu.b3d
Position = -1.4,1,12.59
Rotateyfunction = 3.1416

Objek kereta yang sudah digabungkan dengan pintu. Dalam kotak biru, tampak perintah yang digunakan untuk memasukkan objek pintu. Kotak merah menunjukkan perintah untuk objek pintu yang harus diputar 180 derajat.
Menambahkan perintah untuk memutar pintu
Untuk membuat pintu kereta dapat berputar ketika berhenti di stasiun, digunakan dua perintah yang dimasukkan kedalam file .animated. Berikut ini dua perintah yang digunakan untuk memutar pintu kereta.

RotateXDirection = 0, <-1 atau 1> , 0
RotateXFunction = <leftdoors atau rightdoors>*<sudut>

Contoh:
RotateXDirection = 0, 1, 0
RotateXFunction = rightdoors * 1.6

Angka 1 atau -1 yang dimasukkan pada perintah RotateXDirection menentukan arah putar pintu. Angka 1 menunjukkan arah putar pintu searah jarum jam, sedangkan arah -1 sebaliknya. Pada perintah RotateXFunction,  sudut yang dimasukkan adalah dalam satuan radian, bukan dalam derajat. Untuk membuat pintu kanan dan kiri terbuka sesuai posisi peron, anda perlu memasukkan rightdoors pada pintu kanan dan leftdoors pada pintu kiri.
Kotak merah menunjukkan penggunaan leftdoors dan rightdoors pada pintu kanan dan kiri. Sedangkan kotak biru menunjukkan perbedaan perintah RotateXDirection pada pintu dengan arah putar yang berlawanan
Setelah itu, anda tinggal men-save dan mengecek hasilnya dengan OpenBVE
Keadaan pintu sebelum kereta diberangkatkan
Keadaan pintu setelah kereta diberangkatkan











Selamat Mencoba!

6 komentar:

  1. Mas mau tanya, Caranya memasang 3D Cab gimana ya mas?
    Matursuwun

    BalasHapus
  2. Mas, saran nih bagaimana cara menentukan rute pakai penelusuran google earth dan sejenisnya, trims

    BalasHapus
  3. Bang Mau Tanya. Cara Menambahkan Suara Digerbong Pembangkit Gimana, Agar Gerbong Pembangkit Nya Ada Suara Generator nya

    BalasHapus
  4. Numpang Share Addons Krl Edit Saya Izin Share Mas Link Nya Nih https://www.mediafire.com/file/lpt4kxenxhi6kgy/JR+205+KAI+New.rar/file

    BalasHapus